Selasa, 02 Maret 2010

Biografi Albert Enstein

Albert Einstein (14 Maret 1879–18 April 1955) adalah seorang ilmuwan fisika teoretis yang dipandang luas sebagai ilmuwan terbesar dalam abad ke-20. Dia mengemukakan teori relativitas dan juga banyak menyumbang bagi pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistik, dan kosmologi. Dia dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika pada tahun 1921 untuk penjelasannya tentang efek fotoelektrik dan "pengabdiannya bagi Fisika Teoretis". Setelah teori relativitas umum dirumuskan, Einstein menjadi terkenal ke seluruh dunia, pencapaian yang tidak biasa bagi seorang ilmuwan. Di masa tuanya, keterkenalannya melampaui ketenaran semua ilmuwan dalam sejarah, dan dalam budaya populer, kata Einstein dianggap bersinonim dengan kecerdasan atau bahkan jenius. Wajahnya merupakan salah satu yang paling dikenal di seluruh dunia. Pada tahun 1999, Einstein dinamakan "Orang Abad Ini" oleh majalah Time. Kepopulerannya juga membuat nama "Einstein" digunakan secara luas dalam iklan dan barang dagangan lain, dan akhirnya "Albert Einstein" didaftarkan sebagai merk dagang. Untuk menghargainya, sebuah satuan dalam fotokimia dinamai einstein, sebuah unsur kimia dinamai einsteinium, dan sebuah asteroid dinamai 2001 Einstein.

Biografi

1. Masa muda dan universitas

Einstein dilahirkan di Ulm di Württemberg, Jerman; sekitar 100 km sebelah timur Stuttgart. Bapaknya bernama Hermann Einstein, seorang penjual ranjang bulu yang kemudian menjalani pekerjaan elektrokimia, dan ibunya bernama Pauline. Mereka menikah di Stuttgart-Bad Cannstatt. Keluarga mereka keturunan Yahudi; Albert disekolahkan di sekolah Katholik dan atas keinginan ibunya dia diberi pelajaran biola. Pada umur lima, ayahnya menunjukkan kompas kantung, dan Einstein menyadari bahwa sesuatu di ruang yang "kosong" ini beraksi terhadap jarum di kompas tersebut; dia kemudian menjelaskan pengalamannya ini sebagai salah satu saat yang paling menggugah dalam hidupnya. Meskipun dia membuat model dan alat mekanik sebagai hobi, dia dianggap sebagai pelajar yang lambat, kemungkinan disebabkan oleh dyslexia, sifat pemalu, atau karena struktur yang jarang dan tidak biasa pada otaknya (diteliti setelah kematiannya).

Dia kemudian diberikan penghargaan untuk teori relativitasnya karena kelambatannya ini, dan berkata dengan berpikir dalam tentang ruang dan waktu dari anak-anak lainnya, dia mampu mengembangkan kepandaian yang lebih berkembang. Pendapat lainnya, berkembang belakangan ini, tentang perkembangan mentalnya adalah dia menderita Sindrom Asperger, sebuah kondisi yang berhubungan dengan autisme. Einstein mulai belajar matematika pada umur dua belas tahun. Ada gosip bahwa dia gagal dalam matematika dalam jenjang pendidikannya, tetapi ini tidak benar; penggantian dalam penilaian membuat bingung pada tahun berikutnya. Dua pamannya membantu mengembangkan ketertarikannya terhadap dunia intelek pada masa akhir kanak-kanaknya dan awal remaja dengan memberikan usulan dan buku tentang sains dan matematika. Pada tahun 1894, dikarenakan kegagalan bisnis elektrokimia ayahnya, Einstein pindah dari Munich ke Pavia, Italia (dekat Milan). Albert tetap tinggal untuk menyelesaikan sekolah, menyelesaikan satu semester sebelum bergabung kembali dengan keluarganya di Pavia. Kegagalannya dalam seni liberal dalam tes masuk Eidgenössische Technische Hochschule (Institut Teknologi Swiss Federal, di Zurich) pada tahun berikutnya adalah sebuah langkah mundur;j dia oleh keluarganya dikirim ke Aarau, Swiss, untuk menyelesaikan sekolah menengahnya, di mana dia menerima diploma pada tahun 1896, Einstein beberapa kali mendaftar di Eidgenössische Technische Hochschule. Pada tahun berikutnya dia melepas kewarganegaraan Württemberg, dan menjadi tak bekewarganegaraan.

Pada 1898, Einstein menemui dan jatuh cinta kepada Mileva Maric, seorang Serbia yang merupakan teman kelasnya (juga teman Nikola Tesla). Pada tahun 1900, dia diberikan gelar untuk mengajar oleh Eidgenössische Technische Hochschule dan diterima sebagai warga negar Swiss pada 1901. Selama masa ini Einstein mendiskusikan ketertarikannya terhadap sains kepada teman-teman dekatnya, termasuk Mileva. Dia dan Mileva memiliki seorang putri bernama Lieserl, lahir dalam bulan Januari tahun 1902. Lieserl, pada waktu itu, dianggap tidak legal karena orang tuanya tidak menikah.

2. Kerja dan Gelar Doktor

Pada saat kelulusannya Einstein tidak dapat menemukan pekerjaan mengajar, keterburuannya sebagai orang muda yang mudah membuat marah professornya. Ayah seorang teman kelas menolongnya mendapatkan pekerjaan sebagai asisten teknik pemeriksa di Kantor Paten Swiss dalah tahun 1902. Di sana, Einstein menilai aplikasi paten penemu untuk alat yang memerlukan pengatahuan fisika. Dia juga belajar menyadari pentingnya aplikasi dibanding dengan penjelasan yang buruk, dan belajar dari direktur bagaimana "menjelaskan dirinya secara benar". Dia kadang-kadang membetulkan desain mereka dan juga mengevaluasi kepraktisan hasil kerja mereka. Einstein menikahi Mileva pada 6 Januari 1903. Pernikahan Einstein dengan Mileva, seorang matematikawan, adalah pendamping pribadi dan kepandaian; Pada 14 Mei 1904, anak pertama dari pasangan ini, Hans Albert Einstein, lahir. Pada 1904, posisi Einstein di Kantor Paten Swiss menjadi tetap. Dia mendapatkan gelar doktor setelah menyerahkan thesis "Eine neue Bestimmung der Moleküldimensionen" ("On a new determination of molecular dimensions") dalam tahun 1905 dari Universitas Zürich.

Di tahun yang sama dia menulis empat artikel yang memberikan dasar fisika modern, tanpa banyak sastra sains yang dapat ia tunjuk atau banyak kolega dalam sains yang dapat ia diskusikan tentang teorinya. Banyak fisikawan setuju bahwa ketiga thesis itu (tentang gerak Brownian), efek fotoelektrik, dan relativitas spesial) pantas mendapat Penghargaan Nobel. Tetapi hanya thesis tentang efek fotoelektrik yang mendapatkan penghargaan tersebut. Ini adalah sebuah ironi, bukan hanya karena Einstein lebih tahu banyak tentang relativitas, tetapi juga karena efek fotoelektrik adalah sebuah fenomena kuantum, dan Einstein menjadi terbebas dari jalan dalam teori kuantum. Yang membuat thesisnya luar biasa adalah, dalam setiap kasus, Einstein dengan yakin mengambil ide dari teori fisika ke konsekuensi logis dan berhasil menjelaskan hasil eksperimen yang membingungkan para ilmuwan selama beberapa dekade. Dia menyerahkan thesis-thesisnya ke "Annalen der Physik". Mereka biasanya ditujukan kepada "Annus Mirabilis Papers" (dari Latin: Tahun luar biasa). Persatuan Fisika Murni dan Aplikasi (IUPAP) merencanakan untuk merayakan 100 tahun publikasi pekerjaan Einstein di tahun 1905 sebagai Tahun Fisika 2005.

3. Gerakan Brownian

Di artikel pertamanya di tahun 1905 bernama "On the Motion—Required by the Molecular Kinetic Theory of Heat—of Small Particles Suspended in a Stationary Liquid", mencakup penelitian tentang gerakan Brownian. Menggunakan teori kinetik cairan yang pada saat itu kontroversial, dia menetapkan bahwa fenomena, yang masih kurang penjelasan yang memuaskan setelah beberapa dekade setlah ia pertama kali diamati, memberikan bukti empirik (atas dasar pengamatan dan eksperimen) kenyataan pada atom. Dan juga meminjamkan keyakinan pada mekanika statistika, yang pada saat itu juga kontroversial. Sebelum thesis ini, atom dikenal sebagai konsep yang berguan, tetapi fisikawan dan kimiawan berdebat dengan sengit apakah atom benar suatu benda yang nyata. Diskusi statistik Einstein tentang kelakuan atom memberikan pelaku eksperimen sebuah cara untuk menghitung atom hanya dengan melihat melalui mikroskop biasa. Wilhelm Ostwald, seorang pemimpin sekolah anti-atom, kemudian memberitahu Arnold Sommerfeld bahwa ia telah berkonversi kepada penjelasan komplit Einstein tentang gerakan Brownian.

Perjalanan yang tak terlupakan. . . . .

Tanggal 15 – 16 Februari 2010 aku,Alvin,hedi, ridho dan bayu pergi ke kawasan bisa dibilang bukit,yang namanya banyak angkrem di daerah Salaman. Namanya aja banyak angkrem pasti ada banyaknya atau angsa disana?gak juga disebut banyak angkrem karena jika dilihat dari bawah bukit tersebut menyerupai banyak atau angsa yang sedang angkrem. Kita mulai berangkat dari sekolah jam 5 sore,kemudian kita berangkat ada sedikit hambatan karena cuaca yang hujan perjalanan menuju banyak angkrem agk terlambat,tapi inilah para petualang yang gak kenal menyerah. Sampai sana kita jam setengah 6 tapi disana masih terang belum menunjukan mega,kata penduduk karena tadi hujan jalannya licin. Kita sebenranya agak kecewa,walaupun begitu kita tetep naek kesana. Degan persiapan dan bekal yang cukup kita naik pukul 17.45 belum sampai setengah perjalanan teman kami yang bernama Bayu kelelahan,kami tk heran dengan badan yang beratnya sekitar 80 kg kami berhenti disitu.Sambil berhenti kamijuga tak lupa sholat,karena tidak ada air kamipun melakukan tayamum untuk sholat. Setelah selesai sholat kamipun melanjutkan perjalanan walaupun gelap tak lupa senter aku keluarkan. Kami sering berhenti dikarenakan kami menunggu teman kami bayu yang lambat. Tapi aku salut dengan ushanya dan keberaniannya untuk naik gunung. Semak dan jalan yang licin kami lewat terus sampai akhirnya kami sampai  dipos pemberhentian,disana kamipun berfoto sepuasnya dengan pemandangan yang indah berhiasi cahaya lampu disekitar. Kami belum sampai puncaknya masih  sedikit lagi kira-kira 10 meter plus masih naik bukit berbatu yang licin karena hujan. Kamipun memulai berjalan kesana,dan tibalah pada bukit berbatu itu. Satu persatu kami naik dengan susah payah aku dan hedi sudah sampai puncak duluan tinggal Alvin,ridho dan bayu dibawah. Kami mulai khawatir tentang mereka,kami tunggu mereka ternyata bayu fobia akan ketinggian. Dia susah sekali diajak untuk naik,dengan muka pucat dan sedikit air mata akhirnya bayu dapat sampai puncak disusul dengan Alvin dan ridho. Kami semua berteriak sekencang-kencangnya karena kami berhasil ke puncak. Puasnya hati kami berlima melihat pemandangan dari atas dengan usaha naik yang keras,kira-kira jam 22.00 kami sampai puncak. Dan kemudian kami mendirikan tenda dan mambuat makanan untuk makan malam,sambil bercerita ditemani secangkir kopi panas untuk menghangatkan badan. Dalam batinku Puasnya!!!!


Nich perjuangan dari seorang bayu, yang dibela - belain 
mrebes mili(bahasa lainnya nangis).


















Pemandangan yang menakjupkan bukan??
Dari puncak kami membawa bendera (sebenarnya itu sarung.hehehe)














Dan inilah kami para petualang dari SMA N 1 KOTA MUNGKID
Dan ini adalah pelopor dari pembentukan Pencita Alam Kota Mungkid.




Jumper baru ! ! !

Wah ini berita yang oke juga,kali ini aku maungasih tau kalau di kelas XI A1 baru aja bikin jumper. Dan setelah aku lihat – lihat lumayan juga jumpernya,desain dan modelnya boleh juga. Desain depan bergambar Albert Enstein bisa dibilang ini menandakan bahwa mereka anak IPA.(wah jd sombong nie)
Desain belakang dengan tribal dan logo “S” yang berarti Science, dan gak lupa nama-nama anak kelas mereka yang cukup neko-neko. Jumper yang sering dipakai di sekolah ini cukup mengundang iri pada kelas-kelas lain karena XI A 1 yang kompak selalu dipakai bareng-bareng. Dan denger-denger nich kelas tetanganya juga bikin identitas kelas gitu. Misalnya kelas XI A2 bikin kaos yang di kepalai oleh Dimas Fajar Katon Wibowo dan di bombing oleh Bpk. Mulyadi guru biologi kita yang cukup gaul juga karena dia bikin Facebook. Serta kelas XI A3 membuat almameter sebuah jas(kayak mahasiswa aja),cukup dibilang kelas ini unggulan cukup oke jug aide mereka itu. Tapi yang mempelopori duluan tetap XI A1 yang selalu kompak,rajin dan takpernah sombong.hehehe
Untuk lebih jelasnya ini desain jumper anak-anak SEPATU(sebelas ipa satu) :


 

Desain depan dengan gambar Albert Enstein     


  Nah, ini desian belakangnya seperti yang aku kasih tau tadi gambar tribal dan ada nama anak-anak SEPATU

Mungkin ini akan jadi inspirasi buat anak-anak sekolah supaya masa SMA tu ada kenang-kenagannya, dengan jumper ini bisa buat cerita anak cucu kita nanti.hehehe
Dan inilah yang membuat kelas - kelas tetangga kepingin buat almameter ciri khas kelas. Dan ada suatau kejadian lucu,saat pelajaran biologi yang di ampu oleh pak Mul wali kelas A2. Beliau berkata katanya A1 ini buat jumper ya? iya pak ,kata kami. Besok kelas A2 mau tak suruh bikin jumper sama tapi ada gambar atau nama Pak Mul. Lah punya A1 ada nama wali kelasnya tidak, dan seorang anak yang namanya Mansur menjawab dengan sigap. Ini pak "S"nya kan Salim, nama wali kelas A1. kami semua yang ada di labpun tertawa terbahak - bahak serta Pak Mul juga tersenyum.

Dampak dari Facebook

SOROTAN terhadap dampak negatif Facebook menjadi isu yang menghangat pekan-pekan terakhir ini. Meskipun situs jaring sosial ini telah diterima secara masif sebagai produk kecanggihan teknologi informasi yang bermanfaat, di situ bersemayam pula sisi gelap dan dampak negatif yang mulai dirasakan masyarakat.

Kasus hilangnya Marietta Nova Triani atau Nova adalah contohnya. Gadis berusia 14 tahun asal Sidoarjo, Jawa Timur, itu ditemukan di Tangerang, Banten, pekan lalu, dibawa kabur seorang lelaki yang dikenalnya melalui Facebook. Kaburnya Nova itu menjadi indikasi bahwa kekhawatiran masyarakat akan dampak buruk situs itu bukan sekadar isapan jempol.

Kasus Nova bukan satu-satunya kasus. Nasib yang sama juga menimpa Stefani Abelina Tiur Napitupulu, 14, asal Surabaya serta Sylvia Russarina, 23, yang berdomisili di Semarang.

Mengingat kian meluasnya pengguna jaring sosial itu di kalangan remaja, selayaknya dicurigai lebih banyak lagi kasus serupa yang belum terungkap.

Yang mengerikan ialah hilangnya anak-anak gadis itu diiringi dugaan telah terjadi pelecehan seksual atau tindak pencabulan. Artinya, Facebook telah dipergunakan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab untuk menarik manfaat seksual. Singkatnya, inilah kejahatan seksual modus baru yang mengancam anak-anak gadis berusia dini yang dengan mudahnya mengakses teknologi maju itu.

Teknologi maju tak dapat dihindari dan hanya bangsa yang bodoh yang menolak kemajuan. Facebook, Friendster, Twitter, dan situs jaring sosial lain di internet adalah produk teknologi informasi yang tidak bisa dibendung kehadirannya.
Internet telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan modern. Adalah mustahil memisahkan kehidupan modern dari internet.

Oleh karena itu, keliru besar melarang anak-anak dan remaja mengakses internet dan berkomunikasi melalui situs jaring sosial hanya karena muncul kasus-kasus penculikan dan penipuan di sana.

Yang harus dilakukan adalah terus-menerus membangun kesadaran yang kritis bahwa selalu ada peluang terjadinya sisi hitam dari sisi yang putih. Seharusnya kita sudah menyadari betapa di balik kekuatan situs jaring sosial yang manfaatnya luar biasa itu, tersembunyi pula bahaya yang sama dahsyatnya. Bukankah ada dua sisi dari sebuah koin?

Maka, pilihannya sangat terang benderang, yaitu membuat anak-anak lebih cerdas, lebih cermat, dan lebih berhati-hati dalam mengakses internet. Sebab, seperti halnya dunia nyata, dunia maya juga dipenuhi bahaya.

Akan tetapi, bagaimana orang tua dapat menyelami dunia anak-anaknya yang baru itu bila orang tua tiada mau mengikuti perubahan zaman?

Nasihat agar orang tua melek internet adalah anjuran yang baik untuk dilaksanakan agar orang tua lebih mengerti dunia anak-anaknya. Namun lebih penting lagi menciptakan komunikasi yang terbuka dan berkualitas antara anak dan orang tua sehingga tercipta kemampuan berbagi (sharing).

Semua anjuran itu telah menjadi klise, tetapi harus kembali diingatkan agar anak-anak tidak perlu mencari-cari suasana itu melalui situs jaring sosial di internet.

Bolos di warnet ?siap-siap kena Razia !


BANDUNG, KOMPAS.com — Kadisdik Kota Bandung Oji Mahroji mengaku setuju dengan langkah Satpol PP yang dalam waktu dekat akan merazia warung-warung internet (warnet) di kitaran Kota Bandung.

Menurut Oji, razia warnet dapat memberikan dampak yang positif. Kami akan mendukung, ujarnya, Rabu (17/2/2010). Rencana akan dilakukannya razia warnet sendiri dikatakan oleh Kasatpol PP Kota Bandung Ferdy Ligaswara.

Fokusnya ada dua, yakni pelajar yang berada di warnet pada saat jam sekolah dan warnet-warnet yang tak memiliki izin, kata Ferdy.

Selama ini, lanjut Ferdy, pihaknya sudah memantau setidaknya sekitar 60 warnet yang kerap dijadikan tempat nongkrong para pelajar pada jam-jam sekolah. Penertiban dilakukan agar para siswa tak lagi berbolos. Kita pun mencegah agar warnet-warnet itu tak digunakan para pelajar untuk membuka situs-situs porno yang merusak moral, ujarnya.

Sementara Kadisdik Oji Mahroji mengatakan, sebagai bentuk dukungan, pihaknya akan melakukan pencatatan dan pembinaan terhadap para pelajar yang terjaring. (dia)

Fokusnya ada dua, yakni pelajar yang berada di warnet pada saat jam sekolah dan warnet-warnet yang tak memiliki izin.

Ms. Office 2010,kapan beredar?


Microsoft kembali akan menghadirkan aplikasi perkantoran modern bernama Microsoft Office 2010 yang canggih dengan berbagai kemampuan yang dimilikinya. Pada seri Office terbarunya ini Microsoft menghadirkan berbagai fitur dan kemampuan baru yang tidak dimiliki oleh keluarga Office versi sebelumnya, mulai dari tampilan, ikon, menu, ribon, dan sebagainya. Pokoknya aplikasi yang saat ini masih dipersiapkan tersebut akan mengguncang pemakai aplikasi perkantoran di masa yang akan datang.
Seperti pada versi sebelumnya, Microsoft Office 2010 datang tidak sendirian, di dalamnya dibundel Microsoft Word 2010, Microsoft Excel 2010, Microsoft PowerPoint 2010, Microsoft Access 2010, Microsoft Publisher 2010, Officedan lain-lain. Microsoft Office 2010 dapat digunakan baik dalam system Windows XP dan Windows Vista,jika digunakan pada Pentium dibawahnyapun bisa namun yang harus kamu pertaruhkan adalah komputer kamu bisa jadi lambat. Saat ini Microsoft office 2010 dalam tahap teknikal review, mungkin akan keluar pada pertengahan tahun 2010. Bagi kamu yang gax sabar mau nyobain Microsoft Office 2010,kamu bisa download versi trialnya di Internet tapi bagi kamu yang ingin full version tunggu sampai 2010 besok.


Selamat Mencoba!!!!!!!

Kebutuhan FlashDisk dikalangan Pelajar

Flashdisk alat yang kecil namun memiliki fungsi yang asangat besar. Pelajar dimasa kini mengunakan flashdisk sebagai catatan kedua setelah buku cacatan sekolah. Hal ini terjadi karena tugas-tugas sekolah yang amatlah banyak serta sumber informasi yang diambil dari internet yang banyakpula. Takmungkin siswa mencatat halyang sebanyak itu dari internet kemudian dicatat di buku tulis. Tak hanya sebagai penyimpan catatan flashdisk juga dapat menyimpan semua file yang berbasis digital. Setelah saya melkukan survey diantara teman-teman saya mereka menggunakan flashdisk minimal berkapasitas 4 GB karena banyaknya catatan atau file yang harus mereka simpan. Tak peduli dengan merek mereka mencari kapasitas flashdisk yang paling besar,sebenarnya yang paling baik akalah kualitas bukan kuantitasnya atau antara kualitas dan kuatntitas itu seimbang. Hal ini yang menyebabkan mereka sering gonta-ganti flashdisk,karena flashdisk yang mereka punyai cepat rusak. Dan berita yang membahagiakan Kingston mengumumkan peluncuran produk flashdisk DataTraveler® terbarunya 150 (DT150) dengan kapasitas sebesar 64GB. DT150 menyuguhkan kapasitas terbesar dari jajaran produk flashdisk DataTraveler USB. Dengan kapasitas yang sangat besar para pengguna DT150 memiliki keleluasaan dalam melakukan backup file digital maupun menyimpan file musik, video, foto dan dokumen-dokumen penting tanpa perlu khawatir akan keterbatasan ruang penyimpanan. DT150 64GB membawa flashdisk selangkah lebih maju dengan kapasitas penyimpanan besar yang dikemas ke dalam ukuran yang kecil," ujar Nathan Su, Flash Memory Product Manager, wilayah APAC Kingston. "Peningkatan pada ukuran file untuk menyimpan musik dan foto, serta permintaan pasar akan adanya media penyimpan yang memiliki ukuran yang kecil tetapi memiliki kapasitas yang sangat besar. DT 150 merupakan jawaban atas permintaan tersebut saat ini.DT150 kompatibel dengan Windows Vista, XP dan Windows 2000 serta Mac OS X 10.3 (dan di atasnya) dan Linux 2.6 (dan di atasnya). Sama seperti semua produk USB drive dari Kingston, DT 150 juga memiliki garansi selama 5 tahun dan gratis dukungan teknis. Hebat gag tuh teknologinya, masalah kita sudah selesai berkat Flashdisk ini.Huhf........