Senin, 02 November 2015

Academic

Customer Service adalah sebuah layanan dari sebuah instansi yang menghubungkan dari pelanggan/client untuk melakukan suatu kepentingan terhadap instansi yang bersangkutan. Melihat tugasnya tentu seorang CS memiliki peran penting terhadap kualitas pelayanan instansi tersebut, dikatakan baik jika seluruh permintaan pelanggan/client selesai dan mendapat memberikan testimoni yang bagus terhadap pelayanan tersebut.
Pengalaman saya menghadapi CS dimulai semenjak saya membuat rekening sendiri, hampir semua bank yang saya daftar para CS sangat ramah dan membantu. Ya mungkin faktor pelayanan yg diwakilkan adalah sebuah bank, namun bagaimana jika sebuah pelayanan tidak memuaskan itu ada di sekitar kita. Berikut ini rangkuman saya selama 4 tahun cara menghadapi pelayanan yang tidak friendly :

  1. Bersikaplah sebaik yang kita bisa, walaupun kenyataan pahit akan kita dapat.
  2. Usahakan minta maaf, walaupun belum tentu kita yang salah. Jika kita menghadapi secara emosional belum tentu urusan yang kita urus akan selesai, mungkin saja kita akan dipersulit dikemudian hari.
  3. Kontrol nada bicara kita agar tidak tinggi dengan orang yang kita hadapi, mungkin saja dia orang yang sangat sensitif dan emosional.
  4. Akhiri dengan ucapan terima kasih, walau kita tau dia mengacuhkan kita. Namun setidaknya dia juga yang telah membantu urusan kita selesai.
  5. Berdoa agar dia bisa tersenyum, sehingga dia dapat memberikan pelayanan terbaik untuk semua orang. Karena mendoakan orang lain juga termasuk sebuah kebaikan.

0 comments:

Posting Komentar