Senin, 09 Februari 2015

Melawan Arus untuk LULUS

Banyak sekali ide dan gagasan akhir-akhir ini mendekati skripsi dan selesainya KP. Paling enjoy sih kalau mengangkat judul skripsi sesuai kemampuan dan kesukaan. Beberapa waktu yang lalu saya sudah memperlihatkan tugas membuat Home Monitoring dengan Raspberry Pi dan terintegrasi dengan Smarphone Android. Dan pembuatannya tidak susah juga karena saya sejak awal semester mulai memperlajari perintah dasar linux dan mencoba ikut membuat dan mengkonfigurasi server yang berbasis linux.
Seperti yang diketahui Raspberry Pi menggunakan dan didukung OS Linux, yang saya gunakan waktu itu adalah Raspbian, dan tentunya masih banyak lagi.
Seperti dikampus lain jurusan Teknik Informatika skripsi selain laporan harus disertakan program.produknya. Saya terinspirasi dari beberapa kampus yang kebetulan e-librarynya bisa diakses dan boleh diunduh, kemudian saya mencari beberapa refrensi dan tidak banyak yang mengankat judul yang serupa yaitu Sistem Pemantau Ruangan dengan motion detection
Karena saya tertarik maka saya cari-cari yang namanya motion, ternyata itu program yang dapat digunakan merekam seperti mjpg streamer namun bisa untuk mendeteksi gerak. 
image by zarafirsty.files.wordpress.com
Kita balik lagi dikampus tercintaku ini, pada jadwal mencantumkan pengumpulan proposal adalah tanggal 31 Januari 2015 sementara laporan KP belum selesai saat pengumuman itu ada. H-4 ternyata laporan yang mendapat revisi yang bertubi2 akhirnya selesai juga dan proposal TA sudah siap untuk dikumpulkan. Namun banyak isu yang beredar jika judul TA harus sesuai konsentrasi jurusan. Dikampus saya dibagi 3 kubu, yaitu kubu sistem cerdas, kubu sistem database dan kubu web, kebetulan saya di kubu web yang mayoritas banyak anak cowoknya. Menurut saya kalo dipikir2 judul yang saya ambil tidak sesuai konsentrasi jurusan saya, karena saya merancang sistem dan hardwarenya dan berkutat dengan script pyhon serta mengkonfigurasikan dari raspberry pi ke google drive.
Sempat ada rasa takut dan pesimis dengan judul yang saya ajukan, tapi mau gmana lagi karena saya anggap belum ada judul yg serupa dikampus saya..ya saya yakin aja maju dengan judul tersebut. namun beberapa teman juga mengambil judul dengan menggunkan Raspberry Pi. Ya mereka jenuh membuat sistem informasi belaka dan ingin membuat sesuatu yang beda. 


Sesungguhnya kami hanya ingin membuat apa yang kami bisa dan kami suka

*Jika ada yang merasa bingung bagaimana membuat proposal TA bisa dibajak di sini , pada dasarnya sama persis dengan proposal KP yang pernah saya pos disini. Ada baiknya sebelum membuat proposal yang baik dan benar, bisa mempelajari panduan penulisan KP/TA terbitan kampus tahun 2010, jika belum punya bisa unduh dimari

0 comments:

Posting Komentar