Selasa, 23 Desember 2014

Home Monitoring berbasis Android

Projek kali ini saya dan rekan2 saya membangun sebuah webcam server dengan raspberry pi yang berfungsi sebagai kamera pemantau rumah atau istilah ilmiahnya Home Monitoring. Selain itu agar mempermudah dalam melihat kamera yang terpasang dalam ruangan dibuatlah aplikasi yang berjalan pada sistem operasi mobile seperti Android. Entah judul projek Home Monitoring berbasis Android itu pas atau tidak ya mohon dimaklumi karena kami bingung mana yang mau ditonjolkan Raspberry Pi atau Androidnya.

Tim projek ini :

  1. Ferdi Meilani Febrian Santoso
  2. Nilna Choiruroh
  3. Reza Pragita Daza
Latar Belakang :
Home Monitoring saat ini bisa dikatakan memakan biaya yang tinggi serta harus memiliki jaringan internet. Untuk memonitrongnya kita memerlukan monitor yang besar dan hanya bisa dilihat pada ruang monitoring saja. 
Saat ini teknologi open hardware sangat popular terutama Raspberry Pi, komputer mini dengan harga terjangakau ini bersifat Open Source sehingga kita dituntut untuk berkreasi membuat projek yang kreatif dengan Raspberry Pi. 
Penulis mengabungkan teknologi Raspberry Pi dengan teknologi smartphone android untuk membuat webcam server yang menggunakan raspberry pi untuk digunakan memonitoring rumah dan dapat diakses dengan smartphone android. Sehingga memantau aktifitas rumah cukup menggunakan aplikasi android yang terkoneksi dengan webcam server secara live.

Webcam Server dengan Raspberry Pi
Pemasangan Kamera Pada Sudut Ruangan

Alat dan Bahan :
Pada projek ini kami harus melakukan setting pada server, karena server menggunakan Raspberry Pi ada kendala saat mencari kameranya. Kami menggunakan webcam sebagai kameranya namun tentu saja tidak semua webcam itu support dengan Raspberry Pi, untuk melihat webcam apa saja yang support temen2 bisa lihat di elinux.org/RPi_USB_Webcams. Dalam implementasinya jaringan menggunakan router dari Speddy namun untuk demo dan presentasi agar lebih mudah kami menggunakan Router TPLink MR3020. Lebih lengkapnya bisa dibaca jacobsalmela.com/raspberry-pi-webcam-using-mjpg-streamer-over-internet/ . 

Aplikasi untuk client kami menggunakan Jquery Mobile dan Framework Phonegap untuk bantuan compile menjadi aplikasi Android. Tidak hanya android, phonegap juga mampu mengompile HTML,CSS, Javascript menjadi aplikasi IOS dan Windows Phone. Alasan kami memilih Phonegap selain mudah dan multiplatform kami lebih familiar dengan pemrograman web dibanding java yang menggunakan Android Developmen Tool sebagai compailer android yang tergolong berat bagi laptop tim saya.

CamServer App 
Aplikasi ini masih tergolong sederhana, dan untuk streaming kamera dari server sudah lancar tanpa adanya lag. Namun saat aplikasi diinstall di Redmi Note dengan OS Jelly Bean video tidak tampil namun jika diakses dibrowser lancar-lancar saja melakukan streaming.
Download file apk CamServer Android | Windows Phone

Saran, Kritik yang berhubungan dengan pengembangan projek ini sangat berarti bagi kami. Jika anda ingin menyampaikan mengenai projek kami ini bisa tinggalkan komen atau bisa chat kami langsung melalui Facebook Account kami.

2 komentar: