Selasa, 08 September 2015

Saya Belajar Hidroponik

Secara harfiah hidroponik itu berasal dari bahasa yunani yaitu hydro (air) dan panas (daya/kerja). Namun secara pemahaman level baru belajar saya yaitu cara bercocok tanam menggunakan media air, kelebihan dari sistem bertanam ini tidak memerlukan tanah, hemat lahan, penggunaan air lebih efisien, tidak mengikuti musim tanam, dst.
Hidroponik memiliki banyak jenis sistem, namun untuk belajar disarankan menggunakan sistem wick selain mudah, harganya pun murah bagi kantong mahasiswa.

Sistem Wick Hidroponik
Sistem wick ini menggunakan pot2 kecil yang bawahnya diberi sumbu untuk sistem penyeraman pada tanaman yg kita semai pada rockwoll. Untuk mendapatkan paket seperti ini sangat mudah, banyak toko online yg menjual kebutuhan hidroponik. Kalo saya awal2 beli stater kit dari bandung, soalnya blm tau yag jual di sekitar magelang. Lapak Casafarm Bandung [https://www.tokopedia.com/hidroponikfarm

Isi Paket Stater Kit Hidroponik
Bukan promosi ya tapi sesuai pengalaman saja dan dibandingkan harga pada lapak yang lain masih terjangkau disitu. Karena dalam paket berisi aerator atau yg biasa buat gelembung pada aquarium, fungsinya agar air terjaga kadar oksigennya dan tidak cepat lumutan. Jika tidak pakaipun tidak apa2 namun harus rajin diganti air setiap terlihat kotor. Agar tanaman menyerap nutrisi pada air tetap baik.
Toko Hidroponik Jogja : Kebetulan dekat kampus saya sekitar Jalan jambon dan kesana karena ketidak sengajaan. Pernah saya liat disana jual paket staterkit hidroponik juga,
Toko Hidroponik Magelang : Kalo disini kebun sekaligus restoran khusus hidroponik dekat rumah saya yang dlu. tempatnya bagus banget.

Nah untuk step2nya pasti akan didapat dalam paket pembelian Stater Kit Hidroponik karena paket tersebut dikhususkan bagi yang mau belajar hidroponik dari awal. Saya baru sebulan belajar tanya2 grup atau googling sendiri dan hasilnya saya sudah panen bayam sendiri. Untuk lihat hasil panen saya bisa follow instagram saya @erphidi :D 

0 comments:

Posting Komentar